Senin, 17 September 2012

Aku dan Pilihanku

Sebenernya lagi ga kepengen nulis...karena ga punya ide yang "bermutu"..tapi dipikir pikir ga nulis juga ga enak..tulisan ga mesti bermutu toh buat jadi sebuah tulisan;-)...masalahnya ini blog tak anggap sebagai pengganti diary buat saya..yaangggg kira2 10 tahun lalu selalu menemani saya dimanapun berada. sayang, tuh diary dah pensiun..isinya kebanyakan sedih dan galaunya remaja hehe...jadi dah patut pensiun kan?? Diary "terbuka" satu ini haruslah berisi warna warni bahagia..yang lagi sedih ga perlu ditulis...biar jika diffa baca suatu saat kelak..yang dia tahu hanyalah kisah bahagia mamanya;-)
Ternyata, punya tiga peran penting tak selamanya enak ya...tapi dibilang ga enak juga..saya asyik asyik aja menjalaninya..bingung kan?? saya sendiri juga bingung hehe...wow..tiga peran penting? sebegitu sibukkah saya? kesannya sih begitu ya..padahal itu cuma kesannya doang hehe...kenyataannya...ga sibuk sibuk amat;-)...kira kira apa saja peran itu..

1. Menjadi Istri dan Ibu (Ibu rumah tangga)
    Kenapa ini saya taroh di atas sekali? karena sebenarnya inilah peran seorang wanita yang sesungguhnya, jika suami diibaratkan kepala..maka istri itu ibarat leher buat suami..suami memang pengambil keputusan, tapi tanpa diarahkan oleh istri, bisa jadi dia akan salah menoleh ke arah mana. Menjadi ibu yang baik ternyata juga tidak mudah, saya dikaruniai suami yang alhamdulillah super sabar menghadapi istri, tapi di lain sisi, saya dianugerahi anak yang juga supeeerrr dalam menguras emosi. Mudah..orang selalu berkata sama saya "anak baru satu kok suaranya kemana mana, anak baru satu kok diomelin melulu..bla..bla.." emang bener sih..kalo dipikir pikir emang stok sabar saya saja yang kurang...(saya tak ingin membela diri..karena dalam menghadapi anak...seberapapun salahnya anak..tetaplah orangtua yang salah). Tapi, alhamdulillah seiring waktu..saya jadi terbiasa menghadapi situasi seperti ini. Dan doakan saja, mudah mudahan ke depannya..anak semata wayang saya itu makin mudah dihadapi;-)

2. Menjadi Ibu PERSIT
    apalagi ini...menyita waktu kah..kenapa ada di prioritas kedua dalam hidup saya, karena semenjak resmi menikah..mau ga mau..suka ga suka..jabatan ini ada di pundak saya..uupss..bukan jabatan ya, lebih tepatnya status;-)..dan ternyata..persit itu bukan cuma sekumpulan ibu2 biasa lho...mereka/kami punya seabregg kegiatan...sebenarnya ini ga begitu menyita waktu andai saya tidak punya pekerjaan sendiri, kegiatannyapun asyik..olahraga..posyandu, senam...kumpul dll. tapi berhubung seringkali berbenturan dengan waktu kerja...(apalagi dulu saya kerja swasta)...rutinitas ini terasa banget merepotkan. seminggu bisa sampai dua kali izin (dengan memasang muka "tembok") tentunya. Tapi, seperti yang sering saya dengar ("itu kan resiko kalian memilih kerja, jadi harus pintar2 membagi waktu...bla..bla)...oh..andai kalian tahu kalo duluuu sekali gaji TNI itu cukup buat makan tapi ga cukup untuk mempersiapkan masa depan...tapi nurani saya juga berbisik, emang kalo seandainya pada saat itu gaji cukup, saya tetap rela berhenti kerja?..saya jawab dengan PASTI..TIDAK..karena saya butuh sesuatu buat mengaktualisasikan diri..buat menghilangkan stres yang saya punya...(ini cuma dari sudut pandang saya terhadap diri saya sendiri, saya pun menghormati pilihan orang lain, yang jelas hidup itu pilihan dengan segala konsekuensinya).

3. Menjadi Pekerja
    Saya tidak bilang wanita karier..terlalu tinggi kalimat itu buat saya..wanita karir itu wanita yang mendedikasikan hidupnya buat karir, tapi saya hanya seorang ibu dan istri yang kebetulan bekerja. Saya masih punya banyaak waktu buat mengurus keluarga saya, pagi hari saya baru berangkat kerja setelah diffa berangkat sekolah, itupun sudah sempat menyiapkan sarapan buat anak dan suami (jangan bicara tentang waktu ya..karena sudah pasti saya telat sampe kantor hehe). Keperluan siang hari sudah saya amanatkan kepada asisten rumah tangga saya hehe...dan malam hari, saya melepaskan semua pekerjaan untuk menjadi "guru" buat diffa...menjadi teman diskusi buat suami.

Nah...ini sebenernya ulasan yang ga penting penting amat sih ya...hanya buat menuntaskan hobi saya;-)...tapi mungkin ada kata kata yang ingin saya sampaikan...

  • siapapun kamu...setinggi apapun jabatanmu diluar...keluarga haruslah tetap menjadi prioritas
  • Apapun pilihan hidupmu..entah itu IRT tulen, entah itu wanita bekerja, entah jadi wiraswasta..syukurilah dan terimalah segala konsekuensi yang ada..karena hidup itu memang pilihan


                                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar