Rabu, 25 Juli 2012

Manfaat mengajak si kecil di dapur


Bulan puasa telah tiba...duh, pada waktu kecil dulu..saya paling bahagia kalo bulan puasa tiba..bukan karena makna puasanya (dulu kan blm ngerti)..tapi karena pada saat buka puasa..dijamin pasti makan lain daripada hari biasanya (mamaku kan pinter masak hehe)....Hal seperti ini juga yang ingin saya perkenalkan pada Diffa..saya ingin kelak dia memiliki ingatan yang manis saat Ramadhan tiba...walaupun terus terang, semenjak merantau..greget puasa..apalagi lebaran terasa kurang dikarenakan perbedaan tradisi. tapi gpp deh..dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung....
Sayang seribu sayang...saya ga bisa memanjakan suami dan anak dengan masakan2 lezat hasil tangan saya sendiri..maklum...kemampuan memasak saya sangat...sangat terbatas..;-(..eitss..tapi itu bukan berarti saya kehilangan kemauan untuk menyenangkan mereka ya...untuk urusan membuat kue...kue buatan saya lumayanlah...(untuk konsumsi sendiri maksudnya hehe)...tapi kalo untuk dikomersialkan...wah....ga pernah kepikiran deh...
Nah...kembali ke tema...sebenarnya bukan saya sih yang berinisiatif mengajak diffa ke dapur...maklum, ngajak diffa ke dapur samisara ( haduh sule..tak pinjem istilahmu ya..) dengan membuat dapur berantakan...tapi anak saya itu, subhanallah (sambil mengelus dada..sabar..sabar)..bener bener punya kekuatan fisik yang luar biasa alias ga pernah diem...(diffa itu baru bisa anteng kalo lagi tidur atau lagi sakit)...alhasil...setiap kali saya ke dapur..dia pasti mengekor di belakang saya...tangannya ga diem dan mulutnya juga ga bisa brenti ngomong....
Pertama tama rada jengkel juga sih, ribet kayaknya..ga bisa konsentrasi bikin kuenya...pernah sekali waktu..ampas kelapa yang sudah diambil santannya ditumpahkan ke dalam adonan kue (waktu itu diffa umur 4 th kalo ga salah)...tapi lama kelamaan saya jadi terbiasa...justru sekarang kalo ada pekerjaan yg ringan, seperti memegang mixer, bikin kolak...diffa ikut aktif di dalamnya, bahkan kalo mood nya lagi "baik"..dia membantu saya mencuci piring di hari minggu, dia udah ngerti bagaimana cara mencuci piring..walau habis itu dah pasti saya cek lagi...
Ternyata..tanpa sengaja, saya membaca artikel seperti judul di atas (dari harian ibukota kayaknya..saya lupa namanya)...Seorang Psikolog dari Universitas Negeri Makassar (UNM), Eva Meizara Puspita Dewi, S.Psi, M.Si menuturkan...banyak manfaat yang dapat diambil si kecil pada saat di dapur. Sayangnya, lanjut sang psikolog, tak sedikit orang tua yang mengkhawatirkan kehadiran buah hati mereka bermain di dapur. Alasannya, orang tua tidak mau repot karena pekerjaan memasak jadi tidak maksimal (perasaan saya juga begini awalnya), alasan lainnya takut akan keselamatan si kecil (masuk akal sih, tapi tentu alat2 yang membahayakan harus kita waspadai pemakaiannya).

Banyak manfaat yang bisa dipetik jika anak rajin ke dapur, di antaranya :

1. Khusus anak laki-laki, ketika dibiasakan di dapur dia akan cepat mandiri. Dia bisa mengurus dirinya sendiri dan tidak ketergantungan terhadap orang lain.

2. Daya kreativitas anak bakal terasah. Kita arahkan untuk pekerjaan yang dia sanggupi dan tidak membahayakan. Ini juga akan melatih kemandirian dan kreativitasnya.

3. Lebih penting lagi, pada diri anak akan terbentuk kebanggaan dan penghargaan atas hasil jerih payahnya. tentunya dia senang sudah bisa menyiapkan makanan buat orang tuanya yaa...

Nah..bunda...mulai sekarang jangan lagi melarang si kecil membantu kita di dapur ya...siapa tau disana kita bisa melihat bakatnya..siapa tau kelak itu membantunya jadi koki terkenal...amiinn...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar