Rabu, 11 Juli 2012

MANFAAT DAUN PEPAYA

Kemarin sempet baca baca situs kesehatan, lumayan..bertambah lagi sedikit pengetahuan tentang kesehatan...dan hebatnya, untuk kesehatan ini ga perlu biaya mahal....zaman sekarang...mau itu obat dokter..mau itu pengobatan herbal...semua tarifnya sudah berputar di angka "ratusan ribu"....menyedihkan...padahal ga semua kita mampu untuk menjangkaunya. Nah..ga ada salahnya segala sesuatu di sekitar kita dimanfaatkan mulai sekarang, tentu Allah tidak menciptakan sebuah benda tanpa ada manfaatnya kan..??
Tanpa bermaksud menjadikan ini artikel saya (karena artikel ini murni hasil copy paste )..saya hanya bermaksud menyebarkan informasi yang mungkin sedikit banyak bermanfaat.
Pepaya adalah buah yang dulu (waktu zaman saya kecil)..rasanya tidak berharga sama sekali...setiap rumah punya pohon ini..tetapi seiring berkembangnya waktu, dimana setiap rumah sudah sulit menemukan lahan, pepaya saja sudah menerobos "MALL"...yang harganya...ckck...meningkatkan buah ini jadi buah-buahan kelas atas;-)...ternyata yang dapat dimanfaatkan dari pepaya ini bukan hanya buahnya saja...daunnya pun kaya manfaat, salah satunya mungkin dijadikan sebagai "teman makan nasi" ya...(katanya kalo bisa mengolahnya dengan benar, daun pepaya akan jadi sangat lezat..sayang saya tidak bisa mengolahnya)..jadilah daun pepaya menjadi "sampah" buat saya...
Nah...kalimat kalimat di atas..anggap saja sebagai "Intermezo" hehe...di bawah ini 2 (dua) di antara manfaat daun pepaya lainnya :

1. Daun pepaya sebagai obat jerawat
    Sebenarnya saya juga belum pernah mempraktekannya (berhubung baru dpt info ini kemarin)...tapi mungkin hari sabtu nanti akan coba saya praktekkan (maklum, waktu luang hanya sabtu dan minggu;-)). Perempuan zaman sekarang kan sangat akrab dengan namanya salon, klinik kecantikan, kosmetik yang bener bener "menguras isi kantong" (haduuh..gimana engga..wong sekali dateng ke dokter itu minimal pegang uang 500 ribu..hiks...lumayan kan kalo dibuat makan anak hehe ). Berhubung muka saya memang "sangat-sangat" bermasalah mengenai jerawat, jadi saya "kenyang" dengan yang namanya obat jerawat. Nyatanya...tak satupun yang benar-benar mempan. Sewaktu pake obat dokter, emang sih jerawat hilang, tapi begitu distop...jerawat langsung bersiaga untuk muncul lagi...ujung-ujungnya capek dan bosen sendiri (sayang duitnya hehe..)
Daun pepaya dapat dibuat sebagai masker. Cara membuatnya adalah :
Sediakan 2-3 lembar daun pepaya tua, lalu jemur daun tersebut, lumatkan dengan setengah sendok air, lalu tempelkan pada bagian wajah anda yang berjerawat. Simpel..selamat mencoba...

2. Untuk menambah nafsu makan
Sama nih..yang ini juga belum pernah saya praktekkan, karena ternyata Diffa ga butuh "bujukan" buat makan hehe...jadi, silahkan dicobain dan dirasakan langsung kebenaran khasiatnya ya..
Sediakan daun pepaya yang masih segar seukuran telapak tangan, lalu tambahkan air hangat dan sedikit garam, kemudian campuran tadi anda blender dan peras, lalu saring airnya. Lalu minumkan air tersebut pada anak anda, InsyaAllah nafsu makan anak anda akan segera normal kembali.

Sebenarnya, masih banyak lagi manfaat daun pepaya...tetapi yang saya rangkum disini, manfaat yang berhubungan langsung dengan peran kita sebagai wanita dan ibu. 

SEMOGA BERMANFAAT



1 komentar: